Cerita Jakarta : Jajan Kerupuk Ikan Bangka

DSC01760

It was just a regular night, waktu pertama kali melihat penjual kerupuk tuna netra ini. Saat itu jam setengah 11 malam, saya mampir ke convenient store dekat kos untuk jajan. Tidak seperti di foto, malam itu dagangan Bapak ini masih banyak banget. Kumpulan kerupuk Bangka jualannya penuh hampir sampai bawah. Saat itupun sebenarnya ia hanya istirahat di sudut tempat parkir untuk istirahat sebelum melanjutkan jalan kaki pulang ke tempat tinggalnya. Saya putuskan membeli beberapa, lumayan buat makan di kosan. Rasa kerupuknya pun enak. Saya sempat bertanya lokasi berjualannya sehari-hari, yaitu di belakang ITC Kuningan.

Beberapa hari kemudian, saya dan seorang teman iseng ke belakang ITC Kuningan untuk membeli kerupuk Bangka jualan si Bapak. Sekalian tanya-tanya beberapa hal dan membeli titipan teman-teman yang lain.

Nama Bapak ini Wahyu, biasa berjualan di belakang ITC Kuningan mulai sore hingga malam. Kerupuknya didapatkan dari pabrik kerupuk di Tangerang. Dari cerita Pak Wahyu, ternyata tidak sedikit juga kawan-kawan tuna netra yang berjualan kerupuk Bangka hasil produksi pabrik tersebut. Menurut Pak Wahyu, ia bisa memulai usaha berjualan kerupuk ini dari teman-teman arisan tuna netra. Penjual kerupuk seperti Pak Wahyu ini paling banyak tersebar di kawasan Meruya.

Pria asal Wonokromo ini, sebenarnya tidak terlahir tuna netra. Menurut cerita Pak Wahyu, ia kehilangan penglihatannya saat mengikuti demo tahun 97 lalu karena terkena pukulan double stick dari Tentara. Ia juga cerita bahwa dulunya ia merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri teknik di Surabaya. Ironis banget, apalagi untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut susahnya bukan main. Entah benar atau tidak, tapi semangat Pak Wahyu untuk mencari nafkah patut diacungi jempol.

Saat berjualan, Pak Wahyu semangat dan ramah sekali. Dari cara bicaranya terlihat kalau lumayan well educated. Bahkan bisa diajak bahas pergerakan kurs dolar. hehehe

Kalau ada teman-teman yang kebetulan berada di sekitar kawasan ITC Kuningan, Jakarta. Mungkin bisa disempatkan untuk mampir jalan di ke belakang ITC Kuningan (Jl Pedurenan MAsjid 3) untuk membeli dagangan Pak Wahyu. Harga kerupuknya murak kok. Lumayan kan bisa jadi pendamping makan nasi atau ngemil di rumah.

Berikut harga kerupuk Ikan Tenggiri dagangan Pak Wahyu:

Kerupuk Ikan Tenggiri yang besar @ Rp 15.000,- (isi 36 pcs – ini bungkusnya beneran gede)

Kerupuk Ikan yang kecil @ Rp 7.000,-

Selamat jajan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s